Sunday, March 17, 2019

keterampila menajemen dan peran manajer

            KETERAMPILAN MANAJEMEN DAN PERAN MANAJER

Yang pertama akan kita bahas dalma atrtikel ini adalah mengenai keterampilan manajemen.tugas manajer bersifat kompleks dan multidimensional,dan seperti yang akan kita bahas dalam artikel ini,memerlukan berbagai keterampilan.meskipun setiap keterampilanyang diperlukan ditingkat yang berbedadalam organisasi bias berbeda,semua manajer harus memiliki semua jenis keterampilan tersebut agar dapat bekerja secra efektif.
adapun beberapa keterampilan manajemen,yaitu:
  • keterampilan konseptual
keterampilan kosneptual (conceptual skill) adalah kemampuan  kognitif untuk melihat organisasi sebagai suatu sistem yang utuh dan hubungan antar bagiannya ataupun kemampuan untuk berpikir strategis atau konsep yang sebaiknya digunakan untuk dapat mencapai tujuan organisasi.kemampuan konseptual ini mencakup pemikiran,pemrosesan informasi,dan kemampuan perencanaan manajer.
  • keterampilan interpersonal
keterampilan interpersonal (human skill) adalah kemampuan manajer untuk bekerja dengan orang lain atau melalui orang lain,serta secara efektif bekerja sebagai tim.kemampuan interpersonal ini berhubngan dengan kemampuan manajer untuk berhubungan degan orang lain termasuk kemampuan memotivasi,mengoordinasi,memimpin,mengomunikasikan,memfasilitasi dan menyelesaikan konflik.
  • kemampuan teknis
kemampuan teknis (technical skill) adalah kemampuan dan pemahaman dalam melaksanakan tugas tertentu.keterampilan teknis ini mencakup penguasaaan metode,teknik dan peralatan yang digunakan dalam fungsi tertentu seperti keuangan,manufaktur dll.


                         PERAN MANAJER
Selain jenis,konsep dan keterampilan,manajer juga memilik perann.berikut dibawah ini kita akan membahas bebereapa peran manajer.ada pun peran tersebut yaitu sebagai berikut:
  1. peran informasi  peran informasi adalah berbabai aktivitas yang dilakukan untuk untuk merawat dan membangun jaringan informasi.para manajer Utama menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mecari informasi terkini dari berbagai sumber seperti mencari informasi dari pihak lain dan memimdai bebagai tulisan agar tidak ketinggalan informasi.
  2. peran interpersonal  peran interpersonal yaitu peran yang berkenaan dengan orang lain dan berkaitan dengan keterampilan interpersonal 
  3. peran keputusan  peran keputusan  yaitu peran yang berkenaan dengan berbagai peristiwa yang mana didalam nya manajer harus mengambil tindakan atau keputusan.peran ini banyak membutuhkan keterampilan kenseptual dan interpersonal.


okey segini dulu untuk pembahasan tentang keterampilan manajemen dan peran manajer.semoga bias membantu para readers semua dan dapat bermanfaat.terimakasih sudak berkunjung :) 

No comments:

Post a Comment