Ahli manajemen awal abad kedua puluh Mary Parker Follet mendefenisikan manajemen sebagai "seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain."belakangan,ahli manajemen terkemika Peter Drucker menyatakan bahwa tugas para manajer adalah memberi arahan bagi organisasi yang mereka,memberi arahan atau kepemimpinan dan menentukan penggunaan sumber daya yang dimiliki organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.oleh karena itu,dapat kita simpulkan bahwa definisi manajemen adalah sebagai berikut.
Manajemen (management) adalah pencapaian tujuan organisasi yang telah ditentukan secara efisien dan efektif melalui perencanaan,pengelolaan,kepemimpinaan,dan pengendalian sumber daya yang dimiliki oleh organisasi.
JENIS-JENIS MANAJEMEN:
manajemen sendiri memiliki beberapa jenis,yaitu sebagai berikut:
1.Perbedaan vertikal
penentu Utama pekerjaan manajer adalah tingkat kierarku.mari kita amati perbedaan dari tingkat hierarki ini lebih dalam.
- Manajer puncak
manajer puncak (top manager) berada di tinggat paling atas hirearki dandan top manajer ini bertanggung jawab terhadap keseluruhan organisasi.top manajer ini bisasanya disebut sebagai presiden direktur,direktur eksekutif,chief executive officer (ceo).manajer puncak ini bertanggung jawab untuk menetukan tujuan-tujuan dari organisasi tersebut,membuat strategi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut,membuat keputusan dan memonitor atau menafsirkan lingkungan eksternal
- Manajer tingkat menenga
manajer tinggkat menengah (middle manager) bekerja pada tingkat menengah organisasi dan bertanggung jawab atas unit-unit bisnis dan department Utama. middle manager ini biasa nya disebut sebagai kepala departemen,kepala divisi,kepala bagian,pemimpin proyek,manajer cabang dll.
para middle manager ini bertanggung jawab untuk menetapkan strategi dankebijakan-kebijakanumum yang ditetapkan oleh top manager.
- Manajer lini pertama
Manajer lini pertama (first-line manager) merupakan tingkatan manajer yang sering disebut dengan manajer operasional.manajer ini bertangung jawab langsung pada produksi barang dan jasa.
first-line manager ini biasa dikenal sebagai supervisior,kepala bagian.mereka bertanggung jawab atas pencapaian produksi secara efektif dan efisien,memotivasi para bawahan atau karyawan dan memberikan bantuan teknis
2.perbedaan horizontal
perbedaan lain dalam tugas manajemen yaitu perbedaan horizontal,mari kita lebih memahami tentang perbedaan horizontal ini,
- Manajer funsional
manajer fungsional (functional manager) bertanggung jawab bagi departemen yang mengerjakan tugas tunggal fungsional dan memiliki karyawan dengan pelatihan dan ketersmpilan yang sama.function manager ini mencakup priklanan,penjualan,keuangan dan sumber daya manusia perusahaan.
- Manajer umum
manajer umum (general manager) bertanggung jawab pada sejumlah departemen yang menegrjakan beragam fungsi.
FUNGSI MANAJEMEN
Manajemen sendiri memiliki empat fungsi,yaitu:
- perencanaan
perencanaan (plaining) yaitu penentuan tujuan-tujuan kinerja organisasi dimasa mendatang serta memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya-sumber daya yang di perlukan untuk pencapaian tujuan tersebut.
- pengelolaan
pengelolaan (organizing) yaitu penentuan tugas,pengelpmpokan tugas,mendelagasikan otoritas dan mengalokasikan sumber daya yang tersedia di seluruh organisasi.
- Kepemimpinan
Kepemimpinan (leading) yaitu seperti memberikan ,otivasi-motivasi kepada para karyawan agar bekerja dengan baik dan tujuan organisasi yang telang di tentukan sebelum nya dapat tercapai dengan baik.
- pengendalian
penegndalian (controlling) yaitu memonitor aktivitas atau pekerjaan karyawan,menentukan apakah organisasi berjalan baik sejalan dengan tujuan yang sudah ditentukan,dan membuat koreksi jika diperlukan.
itulah pembahasan singkat mengenai defenisi,jemis dan fungsi dari manajemen,semoga bermanfaat dan membantu para readers. :)
terimakasih telah mampir ke artikel atau tulidsan saya :)
No comments:
Post a Comment